Hasil Karya Seni Kepala Desa Balowondato

PATROLINUSANTARA.com Nias Barat ā€“ Sebagai daerah perkebunan kelapa terluas diwilayah kepulauan hinako kecamatan Sirombu kabupaten Nias barat, tentunya batok / tempurung kelapa bisa diolah menjadi hasil karya seni kerajinan tangan yang sangat menarik Minggu, 25/09/2022.

Dari batok kelapa atau tempurung kelapa pengrajin karya seni di Desa Balowondato batok kelapa mengolah dan memanfaatkan menjadi karya seni hias yang mempunyai daya tarik yang menarik bagi para penggemar maupun bagi yang melihat estetis.

Salah satu hasil karya seni kerajinan tangan kades Balowondato Faasokhi Waruwu ini yaitu bentuk gambar kapal yang dinamai SOLEHULODA KEPULAUAN HINAKO, yang menyerupai sebagi ciri khas alat transportasi masyarakat kepulauan Hinako untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Gambar kapal tersebut yang terbuat dari batok kepala sangat indah dan bagus memiliki daya tarik, Dengan ukuran panjang 40cm, tinggi 20cm, lembar sekitar 10cm, Sebagai bahan yaitu batok kepala, benang putih, dan bambu.

Dengan hasil karya Kapal yang terbuat dari batok kelapa tersebut telah dipamerkan pada acara Festival Bumi Aekhula yang dihadiri Bapak Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Bersama Gubernur Sumut dan telah meraih piagam atau juara.

Tentu Hasil karya tangan tersebut suatu kebanggaan masyarakat kepulauan hinako karena memiliki potensi yang tinggi baik bakat maupun talenta karya seni
Pengrajin karya seni tangan.

Untuk diketahui tempurung kelapa merupakan kulit buah kelapa yang memiliki terkestur keras, berwarna coklat apabila buahnya sudah tua.
Pada umumnya tempurung kelapa pada kehidupan sehari-hari digunakan sebagai bahan bakar atau arang.

Dari batok kelapa bisa diolah menjadi karya seni seperti pembuatan asbak rokok, gelas, hiasan dinding, pas bunga, tempat tissu dan sebagainya.

Seni karya kerajinan tangan ini dari batok kelapa mengulas tentang keberadaan alat, bahan, proses pembuatan dan motif hias yang terdapat seni kerajinan tempurung kelapa.
Dengan tujuan memberikan informasi tentang keberadaan orang yang memiliki karya seni tangan dari batok kelapa yang berada di kepulauan Hinako.

Perkembangan kerajinan batok kelapa di desa Balowondato belum begitu mendapat respon yang positif dari masyarakat.

Namun, besar harapan hasil karya tangan batok kelapa ini, bisa dikenang dan terkenal secara khusus di Nias barat.

(Mareyus Gulo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *