Bupati Nias Barat Informasikan Pembangunan Jalan Sisarahili-Botolala Tuntas Tahun 2023

Uncategorized41 Dilihat

Patrolinusantara.com, Nias Barat – Pasca kunjungannya bersama Dandim 0213/Nias di Desa Sitoluewali Kecamatan Moro’o untuk melakukan peninjauan awal rencana lokasi kegiatan TMMD ke 116 Tahun 2023, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan informasi bahwa pembangunan jalan dari Botolala menuju Sisarahili I Mandrehe dibangun pada tahun 2023.

Informasi itu disampaikan oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu kepada Tim Liputan Media Center dan sejumlah awak media yang menjumpainya di ruang kerjanya, Jum’at (2/12/2022).

“Tahun 2023 kita bangun jalan dari Botolala Desa Sitoluewali menuju Sisarahili I Kecamatan Mandrehe. Jalan ini diharapkan tuntas tahun 2023 atau paling lama tahun 2024”, ujar Bupati Khenoki Waruwu.

Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa jalan tersebut memiliki cerita dan pengalaman tersendiri dalam perjalanan hidupnya hingga saat ini. Dimana jalan tersebut rutin Ia lewati dengan berjalan kaki saat masih duduk di bangku SMP Negeri 1 Mandrehe, dengan kondisi badan jalan saat itu masih berlumpur.

Untu itu, ketika Ia diberi amanah oleh masyarakat Nias Barat, sejak menjadi anggota DPRD hingga menjadi Bupati Nias Barat saat ini, Ia memprioritaskan pembangunan dan peningkatan ruas jalan tersebut.

“Saat saya masih di DPRD, saya terus memperjuangkan pembangunan jalan tersebut. Namun karena keterbatasan anggaran, penanganannya tidak sampai tuntas”, jelasnya.

Pembangunan jalan tersebut dibagi dalam beberapa paket yaitu Ruas Sisarahili I-Zuzundao Rp. 8.9 Miliar, Ruas Zuzundrao-Botolala Rp. 5.5 Miliar dan Ruas Zuzundao Rp. 4 Miliar.

Ia mengaku senang pembangunan ruas jalan yang sangat bersejah dalam perjalanan hidupnya tersebut dapat dibangun pada masa kepemimpinannya sebagai Bupati di Kabupaten Nias Barat.

Bupati Khenoki Waruwu lebih lanjut mengatakan bahwa peningkatan kualitas infrastruktur dasar melalui pembangunan jalan merupakan komitmen dan menjadi salah satu prioritas pembangunan daerah Kabupaten Nias Nias Barat untuk membuka keterisoliran dan konektivitas antar wilayah Kecamatan dan Kecamatan ke Kabupaten.

“Bukan hanya ruas jalan itu yang dibangun. Pemerintah Kabupaten Nias Barat secara bertahap sesuai ketersediaan anggaran berusaha untuk meningkatkan kualitas jalan yang tersebar di 8 Kecamatan di wilayah Kabupaten Nias Barat,” katanya.

Bupati Nias Barat berharap agar masyarakat mendukung dan menjaga agar pelaksanaan kegiatan pembangunan jalan tersebut nantinya dapat terlaksana dengan baik.

Beberapa ruas jalan lainnya akan dibangun pada Tahun 2023 dengan anggaran bersumber dari DAK Penugasan dan DAK Transdes, yaitu:
1. Ruas Jalan Hiliduho ā€“ Lasarabahili
2. Ruas Jalan Sisobaholi – Hiliduho
3. Ruas Jalan Sp. Gatotsubroto – Faondrato
4. Ruas Jalan Terminal Sirombu-Puskesmas cs. Perumahan Syalom
5. Ruas Jalan Gawuhao – Onolimburaya
6. Ruas Jalan Sp. Budi Utomo – RSUD Pratama Nias Barat Onolimbu
7. Jalan Desa Strategis Ruas Fukahumene – Objek Wisata Pantai Humene dimulai dari Loloanaa

Selain pembangunan beberapa ruas jalan tersebut di atas yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), pada tahun 2023 juga dibangun beberapa ruas lainnya yang menyebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Nias Barat yang bersumber dari Dana Alokasi Umum dan sumber dana lainnya.
“Mr’

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *