Pemkot Gunungsitoli Gelar Rakor Percepatan Penyaluran Keuangan Desa

Uncategorized111 Dilihat

Patrolinusantara.com, Gunungsitoli – Pemerintah Kota Gunungsitoli menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penyaluran Keuangan Desa di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Selasa (31/01/2023).

Hadir Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua, Wakil Walikota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE.,M,Si, Sekretaris Daerah Drs. Oimonaha Waruwu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik pada Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli Ir. Agustinus Zega, Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan pada Sekretariat Daerah Tema’aro Telaumbanua, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Drs. Arham Dusky Hia, M.Si , Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Firman Lase, M. Pd dan Camat Se-Kota Gunungsitoli.

Pada Rakor tersebut, Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua memberikan penghargaan kepada 5 (lima) Pemerintahan Desa Terbaik se-Kota Gunungsitoli atas kinerja pengelolaan keuangan Desa Tahun 2022 dan percepatan pengelolaan keuangan Desa Tahun 2023.

Adapun Kelima Desa tersebut adalah Desa lolowonu Niko’otano Kecamatan Gunungsitoli, Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat, Desa Orahili Tanose,o Kecamatan Gunungsitoli Alooa, Desa Saewe Kecamatan Gunungsitoli dan Desa Hilimbawadesolo Kecamatan Gunungsitoli Idanoi.

Penetapan Kelima Desa tersebut sebagai penerima penghargaan berdasarkan kriteria sebagai berikut yaitu Penetapan RKPDES dan APBDES tepat waktu; Penatausahaan 2022 telah tuntas; Tidak memiliki kewajiban perpajakan yang belum diselesaikan pada tahun sebelumnya; Telah melakukan pengajuan DD, BLT Desa dan ADD Tahun 2023; dan Tidak memiliki permasalahan hukum pada pengelolaan keuangan Desa.

Dalam arahannya Walikota Gunungsitoli menyampaikan bahwa untuk tahun 2023 hampir seluruh Desa telah menentapkan APBDes. Penetapan APBDes tersebut lebih cepat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita sangat gembira selama ini APBDes baru selesai bulan 5  atau bulan 6. Ini satu kemajuan, sehingga penyusunan APBDes bisa tepat waktu lebih cepat, waktu pelaksanaannya dilapangan. Saya ucapkan terimakasih kepada bapak-bapak Kepala Desa, pertahankan ini, pola kerja tepat waktu,” himbaunya.

Ia mengingatkan agar para Perangkat Desa dalam pemberian pelayanan agar tidak meminta uang ataupun imbalan lain kepada masyarakat. Karena Wali Kota akan selalu mendapatkan laporan dari berbagai pihak terkait hal-hal tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Peniel Harefa menyampaikan tujuan pelaksanaan rapat koordinasi adalah, Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan Pemerintahan Desa dan Pengelolaan Keuangan Desa TA. 2022; Menyatukan persepsi terkait penetapan Ranperdes tentang RKPDes dan APBDes agar tercapainya ketepatan jadwal penetapan Ranperdes tentang RKPDes dan APBDes Tahun 2024; Menyatukan pemahaman terkait prioritas penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2023; dan untuk menciptakan hubungan harmonis antara Pemerintah Desa dan BPD. (Red/Hendrik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *