Rapat Kerja Nasional 2023, MLKI Pusat Meningkatkan Program Kerja Bagi Seluruh Penghayat

BERITA NEWS332 Dilihat

PATROLINUSANTARA.com, -Jakarta – Sebagai  bentuk organisasi kemasyarakatan tingkat nasional maka  Dewan Musyawarah Pusat Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa – Indonesia (DMP MLKI) mempunyai kewajiban untuk melaksanakan Rapat Kerja  Nasional setiap tahunnya.

Sesuai Anggaran Dasar MLKI Pasal 24 dan Anggaran Rumah Tangga maka MLKI Pusat mengadakan rapat kerja nasional dan pagelaran seni budaya selama 2 hari yang diadakan di The Acacia Hotel & Resort jln.Kramat Raya no.81 Jakarta,Acara dibuka pada hari Sabtu,(25,26/11/2023).

Rakernas MLKI 2023 ini diselenggarakan secara mandiri dan diikuti kurang lebih 250 para peserta dari berbagai DMW Propinsi dan DMD Kab/Kota seluruh Indonesia. Selain itu, pada saat pembukaan Rakernas dilaksanakan juga mengadakan kegiatan pertunjukan seni dan budaya seperti Tari Ronggeng Amprok dari Sanggar Mekar Pasundan,Layang Saji dan Pemaknaan Bacaan Ritual dari AK Perjalanan,Tor-Tor batak Parmalim,Tari Serimpi Manggalaretna dari Sanggar Swargaloka Jakarta.

Turut hadir Ketua Presidium MLKI Pusat Ir.Engkus Raswana MM,Sekjen MLKI Bu Retno,Dirt KMA Sjamsul Hadi SH.MH, Bambang Setyo Hartono dari Kejaksaan Agung,Rahayu Saras dari Kemendagri,Hartono SH dari Kasubdit Fasilotasi Kerukunan Umat Beragama dan Penghayat Kepercayaan,Para Penghayat dari AK Perjalanan,Parmalim,Keturunan Siraja Batak,Puan Hayati serta tamu undangan lainya.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu diawali dengan doa bersama yang dibawakan oleh Rohmat Hidayat,selajutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya serta pembacaan isi Pancasila.

Acara resmi dibuka dengan memukul gong oleh Direktorat KMA yang diwakili oleh Bp.Sjamsul Hadi SH.MM dan dalam sambutanya berharap MLKI bisa meningkatkan program kerja dan melakukan edukasi bagi tiap tiap penghayat diseluruh indonesia.

Ia juga mengapresiasi acara yang dilakukan MLKI menjadi motivasi bagi penghayat kaum muda.

Selain itu MLKI tidak ikut dalam acara politik mari kita sama sama menjaga supaya diantara kita tidak ada gesekan ditahun politik ini,ujarnya.

Dalam rakornas tahun 2023 ini,MLKI juga mengundang para tokoh untuk dialog Tokoh Lintas Iman Agama dan Kepercayaan yang hadir sebagai moderator

• Ir. Engkus Ruswana, MM (Presidium MLKI)

• Prof. Dr. Zainul Hamdi, M.Ag (Akademis NU)

• Romo Heri Wibowo, (KWI) Konferensi Wali Gereja Indonesia

• Pdt. Gomar Gultom (Ketua PGI) Persekutuan Gereja Gereja di Indonesia

• Bp. Jerry Darmawan (Pramabudhi)

• Bp. Mayjen Wisnu Bawa Tenaya (PHDI) Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia

• Bp. Peter Lesmana (Waketum Matakin).

Pada kesempatan ini,Presidium MLKI Pusat Bp.Ir.Engkus Rusmana MM menyampaikan dalam acara Rakernas ini MLKI berharap kedepannya melakukan dan mengevaluasi program kerja DMP MLKI tahun 2023 dan menyusun program kerja tahun 2024 dan untuk menguatkan koordinasi antara pusat dan daerah serta untuk mempersiapkan Musyawarah Nasional MLKI tahun 2024.

“Indonesia Damai Bermartabat Dalam Keberagaman Agama dan Budaya”

Mensosialisasikan Keputusan Mahkamah Konstitusi No. 97/PUU-XIV/2017, dan implementasinya dan

Mensosialisasikan perkembangan implementasi Permendikbud No. 27 tahun 2016 tentang Layanan Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan YME di Satuan Pendidikan.

Memberikan wawasan dalam  kehidupan berbangsa dan  bernegara  kepada para peserta tentu perlu saya tekankan dalam rangka pemilihan umum pilkada dan pilpres di Tahun 2024 tentu tidak menjadi perpecahan bagi penghayat kepercayaan,tutupnya.

 

(Rical S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *