Pembentukan Pengurus dan Penyepakatan Program Kerja Gemapakti DKI Jakarta Periode 2023-2028

Uncategorized1306 Dilihat

PATROLINUSANTARA.com, -Jakarta – Pembentukan dan Pelantikan pengurus organisasi penghayat kepercayaan Gemapakti DKI Jakarta serta pengukuhan langsung oleh Presidium Gemapakti Pusat, dilaksanakan di Gedung Pasewakan Bina Budi Kinasihan jln.Keramat IV NO.2 Lubang Buaya Jakarta Timur,Sabtu (09/09/2023).

 

Acara ini dihadiri oleh,Dit KMA Minang Marwan,Anastasia Devi Candrasari,Persidium MLKI Pusat Naen Soeryono,Presidium Gemapakti Wijanarko,Presidium DKI Jakarta,Organisasi Penghayat Parmalim,AK Perjalanan,Puan Hayati Pusat,Seluruh Anggota Gemapakti DKI Jakarta serta tamu undangan lainya.

 

Sebelum acara pelantikan pengurus terlebih dahulu diawali dengan doa yang dibawakan oleh Presidium MLKI DKI Jakarta Pak Rohmat dan selanjutnya menyayikan lagu Indonesia Raya serta membacakan isi Pancasila UUD 1945.

 

Dalam sambutannya,Presidium Gemapakti Pusat Wijanarko mengatakan Gemapakti adalah merupakan wadah warga penghayat kepercayaan kepemudaan generasi penerus, baik secara organisasi maupun perorangan, untuk menyalurkan aspirasi dan melestarikan kekayaan budaya, tradisi, dan kearifan lokal di Indonesia.

 

Harapannya dengan keberadaan Gema Pakti di Wilayah DKI Jakarta, masyarakat dapat menerima dan mengerti atau memahami budayaย  kearifan lokal, serta bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk kepentingan masyarakat yakni, Sinergi pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI dan Polri, beserta WNI umumnya dalam mengawal, menjaga, melestarikan budaya dan leluhur nenek moyang.

 

Dalam kesempatan tersebut,Ketua Presidium Gemapakti yang baru terlantik Saraswati menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pengurus MLKI, Puan Hayati, dan Gema Pakti yang sudah hadir dan melantik,Kepada pengurus Gemapakti DKI Jakarta, Saraswati mengingatkan sebagai warga penghayat agar tidak ragu dalam menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Di Indonesia ini banyak juga organisasi penghayat yang belum mendaftar di Kesbangpol Kabupaten, Kota dan Provinsi Karena itu,dengan berdirinya Gemapakti DKI Jakarta tentu tugas kami pertama mengadakan program untuk melakukan audensi dengan Pemerintah.

 

Ia menambahkan Gemapakti akan kerja sama dan kerukunan menjadi impian dan cita-cita setiap insan yang bersifat sosial. “Saya mengajak semua jajaran untuk bergandeng tangan dan mendukung MLKI agar dapat tumbuh dan berkembang dalam satu ikatan batin yang harmoni untuk pembangunan dan mendukung semua organisasi penghayat kepercayaan.

“Gemapakti pun bisa tampil melalui pengejawantahanย  ajaran leluhur dalam kehidupan masyarakat,” imbuhnya.

 

Kepada pengurus baru Gemapakti DKI Jakarta Periode masa bakti 2023-2028, Saraswati meminta ada ide-ide baru, serta terobosan yang cerdas dan inovatif dalam berkiprah. Sehingga, keberadaan kegiatan warga penghayat bisa diketahui atau dilihat masyarakat dan pemerintah.

“Teruslah membantu pemerintah dalam menyosialisasikan program dan kegiatan, serta kebijakan yang berorientasi untuk kepentingan masyarakat. Selain itu, turut serta mendorong partisipasi masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan di DKI Jakarta” tandasnya.

 

(Rical S)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *