Pemerintah Kabupaten Nias Barat Laksanakan Perayaan Natal Oikumene Tahun 2022

Uncategorized192 Dilihat

Bupati Nias Barat menyalakan lilin pada perayaan Natal Oikumene Penerintah Kabupaten Nias Barat, Kamis (29/12/2022)

Patrolinusantara.com, Lahomi (29/12/2022) –  Pemerintah Kabupaten Nias Barat melaksanakan perayaan Natal Oikumene Tahun 2022 dengan tema “Maka Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain (Matius 2:12)”.

Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Nias Barat yang dilaksanakan, Kamis (29/12/2022), dihadiri oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., M.M, mewakili Unsur Forkopimda Kabupaten Nias, Mewakili Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat Siado Zai, SE., M.M, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Nias Barat, Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Barat, Ketua DWP Kabupaten Nias Barat, Unsur FKUB Kabupaten Nias Barat, Para Pimpinan Sinode Gereja, Pimpinan Ormas dan Keagamaan Kabupaten Nias Barat, para Tokoh dan tamu undangan lainnya.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam sambutannya mengatakan bahwa perayaan Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Nias Barat merupakan wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa, karena begitu besar dan agungnya karunia keselamatan dari Tuhan kepada seluruh umat manusia.

“Dalam perspektif umat kristiani, perayaan natal merupakan mementum religius untuk merefleksikan kelahiran Yesus sebagai juru selamat dunia sekaligus mengokohkan iman dan kepercayaan umat kristen bahwa hanya melalui Yesus Kristus, kita mendapatkan keselamatan yang kekal”, ungkap Bupati Khenoki Waruwu.

Selain itu, menurut Khenoki Waruwu, momen perayaan natal juga menjadi wadah silaturahmi antar unsur pemerintah dan masyarakat di lingkungan pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Untuk itu, Ia mengajak seluruh masyarakat Nias Barat dimapun berada agar berlomba lomba melakukan kebaikan dengan membangun kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, OPD dan stakeholders terkait lainnya.

“Marilah kita menggaungkan solidaritas dan gotongroyong untuk menciptkan suasana kondusif dan bekerja dengan aksi nyata untuk masyarakat Kabupaten Nias Barat”, ajak Bupati Khenoki Waruwu.

Pada kesempatan itu, Bupati Khenoki Waruwu menginformasikan beberapa capaian pembangunan dan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Nias Barat selama tahun 2022, sebagai wujud komitmen dan kesungguhan serta pertanggubgjawaban atas kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat Nias Barat untuk memimpin Kabupaten Nias Barat.

Sejak Ia dilantik sebagai Bupati Nias Barat, dirinya bersama seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Nias Barat terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, perbaikan sistem penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di berbagai bidang.

Program, kegiatan dan kebijakan yang telah dilaksanakan, menunjukkan hasil yang positif terhadap perkembangan dan capaian beberapa indikator makro pembangunan daerah Kabupaten Nias Barat.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Nias Barat mencapai 2,26, berada di atas Kota Gunungsitoli yaitu 2,25 persen dan Kabupaten Nias 2,21 persen. IPM Nias Barat mencapai 62,92 poin, melampaui target yang telah ditetapkan dalam RPJMD yaitu 61,71 poin”, urai Bupati Nias Barat.

Kemudian, lanjutnya, persentase penduduk miskin pada tahun 2022 mengalami penurunan, bahkan melampauan capaian 2 periode kepala daerah sebelumnya yaitu 24,75 persen dari 26,42 persen pada tahun 2021.

Selain itu, pada masa kepemimpinannya, Nias Barat telah banyak meraih prestasi dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah provinsi, kementerian dan lembaga, sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap kinerja dan keberhasilannya memimpin Nias Barat.

Untuk pertama kali setelah Nias Barat terbentuk, Kabupaten Nias Barat meraih opini WTP atas LHP BPK RI Perwakilan Sumatera Utara terhadap LKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021.

Ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif atas inovasi layanan ambulans gratis 24 jam Soguna ba Zato, yang diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kemudian, program pemberian santunan duka yang diinisiasi oleh Bupati Nias Barat sejak awal Januari 2022, berhasil meraih Juara Harapan I pada Lomba Inovasi Daerah Provinsi Sumatera Utara kategori Kabupaten/Kota.

Dalam pelayanan publik, khususnya pelayanan perizinan terpadu satu pintu, Kabupaten Nias Barat mendapatkan Nilai B berdasarkan hasil penilaian Kementerian PAN-RB dan berdasarkan nilai tersebut, Nias Barat berada pada posisi tertinggi di antara Kabupaten/Kota lainnya di Pulau Nias.

Selanjutnya, dalam hal keterbukaan informasi publik, berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara sebagai lembaga independen, Nias Barat mendapatkan anugerah keterbukaan informasi publik dengan predikati Menuju Informatif.

Predikat tersebut, merupakan level kedua dalam keterbukaan informasi publik dan hanya dua daerah Kabupaten di Pulau Nias yang mendapat predikat ini, yaitu Nias Utara dan Nias Barat. Sedangkan Kabupaten/Kota lainya mendapat predikat Cukup Informatif dan Kurang Informatif.

Pada tahun ini juga, lanjut Bupati Nias Barat, berdasarkan pengukuran indeks pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh Provisi Sumatera Utara, Nias Barat mendapatkan nilai B dan dan lagi-lagi merupakan nilai tertinggi di antara Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias dan urutan ke-6 di antara 33 Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Puncak dari semua prestasi dan penghargaan yang diraih oleh kabupaten Nias Barat pada penghujung tahun 2022, sebagai hadiah dan kado Natal dan Tahun Baru bagi seluruh warga Nias Barat, untuk pertama kalinya dan satu-satunya di Pulau Nias bahkan di antara 33 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Nias Barat mendapat penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022 dari Menteri Dalam Negeri dengan Predikat Kabupaten Terinovatif kategori daerah tertinggal.

“Capaian ini cukup membanggakan, karena diantara 514 Kabupaten/Kota di Indonesia dan dari 26.900 inovasi yang dilaporkan, Kabupaten Nias Barat dapat sejajar dengan daerah lainnya yang jauh lebih maju”, ungkap Bupati Nias Barat.

Menurutnya, prestasi yang telah diraih merupakan hasil kerja sama dan kerja keras serta dukungan semua pihak terutama jajaran perangkat daerah dan seluruh ASN. Iapun berharap agar prestasi yang telah diraih dapat menjadi motivasi dalam bekerja dan melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Ephorus ONKP Pdt. Matias Daeli, S.Th dalam sambutannya mewakili denominasi gereja mengatakan bahwa perayaan Natal Oikumene Pemerintah Kabupaten Nias Barat merupakan momentum untuk membangun kebersamaan dalam suka cita iman.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa tema Natal tahun ini merupakan ajakan agar kita menjadi orang bijak di tempat kita berada.

“Jalan lain memang belum tentu selamanya baik, tetapi jalan lain yang diartikan dalam iman adalah hidup baru, maka kita wajib untuk menjalani hidup baru dalam tuntunan kasih Tuhan”, ujarnya.

Sementara itu, Siado Zai, SE, M.M mewakili Ketua DPRD Nias Barat melalui pesan dan kesan natal yang Ia sampaikan, berharap agar para pelayan dan umat kristen yang merayakan natal mengalami kuasa natal yaitu, kuasa kelahiran Yesus di dalam diri masing masing, yaitu perubahan pola pikir, pola kerjaa dan pola tindak di dalam pelayanan dalam bidang tugas masing-masing.

Dalam khotbahnya, yang dikutip dari injil Matis 2:9-12, Ephorus BNKP Pdt. Otoriteit Dachi, S.Th, M.Si, mengatakan bahwa jalan lain yang dimaksud dalam tema Natal, bukanlah jalan pintas, orang kristen harus berani menempuh jalan yang sukar, dengan memperbaharui cara hidup, cara kerja dan kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik selama ini dalam kehidupannya sehari-hari.

Kegiatan Perayaan Natal berjalan aman, kondusif dan penuh sukacita dengan diisi beberapa paduan suara, lomba vocal group antar Kecamatan dan lucky draw.
Sehingga terlaksana dengan baik Selamat Hari Natal 25 December 2023
Dan Selamat menyongsong tahun Baru 01 January 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *