Mawan Salba dan ASONA Production’s Upaya Lestarikan Musik Tradisi dan Bahasa Daerah Malalui Lagu Lampung

Budaya, NASIONAL, TOKO187 Dilihat

PATROLINUSANTARA.com, Tangerang- Sebuah lagu juga dapat menjadi media dalam pelestarian bahasa daerah untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya. Seperti Album Lagu_Lagu KELASA LAMPUNG, lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh Mawan Salba Feat Resti Pasela berkolaborasi dengan Studio rekaman ASONA Studio Record dan di dukung/model SANGGAR KHANGGOM GAWI dari Pardasuka Selatan. Jum’at (8/4/2022)

Lagu GEKHINGKU Original Sound Track (OST) dinyanyikan oleh Mawan Salba Feat Resti Pasela hasil karya N.N yang di Composer Rendione dan di Produser Asona Pro , Sutradara Asona Pro, Cameramen/editor Vidio Asona Aeril, di Studio Rekaman Asona Studio Record yang di Produksi Asona Production’ yang bisa kita lihat atau tonton di Channel Yutub SELEBRITI LAMPUNG, proses Louncing-nya sukses dilakukan pada Kamis, 07 April 2022 di Studio ASONA Studio Record- Lampung Selatan-Lampung.

Mawan Salba, Artis dan Musisi asal Lampung saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada (07/4/2022) mengatakan,
Tujuan kami merilis lagu_lagu KELASA Lampung tidak lain tidak bukan pingin mencoba menggali kembali Tradisi Kebudayaan orang_orang tua lampung dulu bahwa lagu_lagu semacam ini memang lazim dan Alhamdulillah sampai saat ini ada cuman masih ruang ringkup dikonsumsi oleh yang tua_tua saja artinya yang muda_muda juga harus mempelajarinya, kenapa yang muda-muda juga harus belajar lagu-lagu KELASA ini agar bisa sedikit merepres budaya kita lebih segar di dengar oleh semua kalangan warga Lampung terlebih warga Lampung yang muda-muda,agar mereka lebih tertarik untuk melanjutkan tradisi kita ini yang memang agak menghilang, itulah tujuan saya dan kawan-kawan mengangkat lagu-lagu KELASA ini, tujuan nya supaya lagu-lagu KELASA ini yang memang dulu menjadi salah satu tradisi agar bisa di cintai dan diminati oleh generasi-generasi muda lampung supaya istiadat dan tradisi ini terus sampai bertahan dibumi lampung tercinta ini,”harap Mawan Salba.

Mawan Salba juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Sanggar Seni KHANGGOM GAWI dari Pardasuka Selatan-Lampung atas suport dan dukungan nya,” tambah Mawan Salba

“Deni Tanjung salah satu Management ASONA Production’s mengatakan ASONA Production’s sangat mendukung lagu-lagu tradisi Seni budaya Lampung salah satunya SEGATA atau pantun yang biasanya lagu-lagu ini dinyanyikan di acara Manjau Maju atau bertuju kekediaman pengantin, lagu-lagu SEGATA tersebut dinyanyikan oleh iringan robanaan secara bersamaan. Asora Production, Mawan Salba dan Resti Pasela bertujuan melestarikan dan menjaga tradisi Lampung, musik yang kami sajikan hasil dari kolaborasi antara musik tradisional dan musik moderen sehingga terciptalah sebuah kreasi dan inopasi yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan tua dan muda khususnya masyarakat Lampung,”ucap Deni Tanjung

“Meskipun melalui proses yang tidak gampang, ternyata ASONA Production’s,Mawan Salba dan Resti Pasela mampu merilis lagu-lagu KELASA dengan sangat baik. Dengan sabar menjalani proses recording yang panjang dan melelahkan. Saya sangat puas karena makin menarik dan makin enak didengar.” Jelas Deni Tanjung.

ASONA Production’s juga sebagai Music Producer lagu KELASA tersebut dilakukan berkonsep komunikatif dan interaktif, kami berkumpul dan berproses bersama dalam satu ruangan, sehingga menjadi sesuatu yang seru dan menarik.
Aktivitas tersebut divideokan untuk dokumentasi bersejarah yang eksklusif bagi ASONA Production’s, label musik yang memproduksi lagu tersebut.

“Syuting video klipnya dilakukan hari ini (07/04/2022)di ASONA Studio Record Lampung Selatan-Lampung,”tutup Deni Tanjung

Jul gulo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *